Memasyarakatkan Asuransi di Indonesia

Penyebab dan Sifat Resiko

Bahaya atau resiko adalah kejadian atau peristiwa yang mungkin atau tidak mungkin terjadi (may and may not happen). Kalau perils atau bahaya tersebut terjadi, akibatnya dapat menimbulkan kerugian, atau tidak menimbulkan kerugian atau keuntungan apa-apa (Breakeven/ Statusquo).

Wujud kejadian atau peristiwanya bisabermacam-macam, yang semuanya bersumber dari:

Alam (Nature) :
Bencana Alam (Act of God) sepeni Petir, Gempa Bumi, Angin Topan, Banjir, Letusan Gunung Api.

Manusia (Human) :
Kelalaian, Kejahatan (Pencurian, Perampokan. Penganiayaan).

Peralatan/Harta Benda yang dimiliki, dipergunakan, disimpan, disewa, misalnya :
Kecelakaan Mobil, Korsluiting Listrik, Kompor Meledak dan lain sebagainya.

HAZARD (SIFAT)
Hazards adalah suatu keadaan atau sifat, yang berwujud secara fisik (Physical Hazards) atau berwujud tingkah laku, karakter dan sifat manusia (Moral Hazards), yang mempengaruhi kemungkinan terjadinya bahaya dan dampak kemgian yang ditimbulkan.

PHYSICAL HAZARDS adalah : Risiko yang berkaitan dengan keadaan fisik misalnya obyekyang diasuransikan berupa rumah atau pabrik dengan konstruksi kelas 1, kelas IIatau Kelas III, tidak terawat atau cukup terawat, keadaannya bagus atau kurang bogus. Risikonya dari segi fisik tinggi atau rendah.

MORAL HAZARDS adalah: Risiko yang menyangkut sifat atau karakter manusia, misalnya sifat tertanggung pemarah, pemabuk. mempunyai hutang, pelitdan sebagainya. Risikonya dari segi moral yang bersangkutan cukup tinggi atau rendah.

About these ads
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: