Memasyarakatkan Asuransi di Indonesia

Berdasarkan azas Indemnity, asuransi hanya dapat menempatkan kembali Tertanggung yang telah mengalami musibah kepada keadaan finansial sesaat sebelum terjadinya musibah tersebut.

Jadi Tertanggung tidak dibenarkan mencari atau mendapat keuntungan dari klaim asuransi.

Adapun prosedurnya apabila terjadi kerugian, Tertanggung harus segera memberitahukan kepada pihak Penanggung tentang kejadian musibah yang dialami dan selanjutnya, dan selanjutnya memberi keterangan tertulis tentang hal ihwal yang diketahui mengenai kejadian kerugian.

Dokumen yang harus dilakukan dan dilengkapi untuk pengajuan suatu tuntutan/klaim asuransi kebakaran antara lain :

Pemberitahuan
Anda harus segera melaporkan kejadian kepada Penanggung (pihak asuransi). Laporan pendahuluan ini bisa disampaikan secara lisan atau surat, teleks, faksimili, dan lain-lain.

Laporan kerugian
Selanjutnya Anda harus mengisi laporan / keterangan tertulis yang memuat hal-ikhwal yang Anda ketahui mengenai kerugian / kerusakan yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut, dan blanko tersebut disiapkan oleh Penanggung (Perusahaan Asuransi).

  1. Tempat, tanggal, dan waktu terjadinya kebakaran / kerusakan
  2. Sebab-sebab kebakaran / kerusakan
  3. Besarnya kerugian menurut taksiran tertanggung yang dilengkapi dengan segala sesuatu yang terbakar, musnah, hilang, rusak dan terselamatkan
  4. Informasi lainnya yang menurut tertanggung perlu disampaikan kepada pihak asuransi

Dokumen pendukung klaim
Tertanggung harus menyerahkan dokumen pendukung klaim kepada penanggung, misanya buku-buku catatan, foto-foto kerugian, laporan dari BMG, dan sebagainya

Penelitian Polis
Setelah menerima pemberitahuan adanya kerugian, penanggung akan melakukan penelitian mengenai keabsahan (validitas) polis, yaitu:

  1. Apakah penanggung memiliki kepentingan atas obyek yang mengalami kebakaran / kerusakan
  2. Apakah kebakaran / kerusakan terjadi dalam masa waktu pertanggungan
  3. Apakah premi telah dilunasi / dibayar

Penelitian Klaim
Apabila validitas polis telah terkonfirmasi, selanjutnya penanggung akan melakukan pemeriksaan / penelitian di lapangan untuk mengetahui:

  1. Penyebab terjadinya kebakaran / kerusakan
  2. Tempat terjadinya kebakaran / kerusakan
  3. Jumlah kerugian yang dialami (taksiran)
  4. Jumlah harga sisa dari bangunan / barang / mesin yang tidak terbakar / rusak (taksiran)
  5. Jika Anda kebetulan berada di tempat pada saat terjadinya peristiwa, maka Anda wajib:
  6. Menyelamatkan dan menjaga harta benda yang dipertanggungkan dan atau kepentingan yang dipertanggungkan, serta mengijinkan orang lain menyelamatkan dan menjaga harta benda dan atau kepentingan tersebut.
  7. Memberikan bantuan sepenuhnya kepada pihak asuransi atau wakilnya atau pihak lain yang ditunjuknya untuk melakukan penelitian atas kerugian dan kerusakan yang terjadi.
  8. Menjaga keselamatan harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang masih bernilai.

Penunjukan Loss Adjuster
Dari hasil survei akan diketahui apakah klaim merupakan kasus sederhana atau rumit. Bila sederhana, maka klaim akan ditangani sendiri oleh perusahaan, tetapi jika rumit atau jumlahnya cukup besar atau penanganan klaim akan memakan waktu lama, maka claim assessment diserahkan kepada Loss Adjuster yang ditunjuk oleh penanggung dengan pemberitahuan kepada tertanggung.

Baik untuk kasus klaim yang ditangani sendiri maupun oleh Loss Adjuster, tertanggung harus tetap menyediakan dokumen-dokumen pendukung klaim. Tahap selanjutnya adalah penanggung mempelajari laporan dari Loss Adjuster.

Penyampaian
Dari proses penanganan klaim baik oleh penanggung sendiri maupun Loss Adjuster, akan diketahui validitas klaim. Dalam hal klaim dianggap valid, penanggung akan memberitahukan kepada tertanggung jumlah ganti rugi yang dibayar atau yang menjadi tanggung jawab penanggung. Tetapi bila klaim dinyatakan invalid, maka penanggung akan memberitahukan kepada tertanggung bahwa klaim ditolak disertai alasannya.

Jika jumlah ganti rugi yang dibayarkan tidak disepakati oleh tertanggung, maka tertanggung berhak menunjuk Loss Accessor untuk menilai ulang kerugian tersebut.

Penyelesaian
Setelah dicapai kesepakatan mengenai jumlah ganti rugi, pihak penanggung akan mempersiapkan pembayaran klaim. Penanggung akan melaksanakan pembayaran ganti rugi selambat-lambatnya sesuai dengan tenggang waktu yang telah ditetapkan.

Comments on: "Prosedur Mengajukan Ganti Rugi Asuransi Kebakaran" (2)

  1. faruqi akbar said:

    Kondisi pertanggungan dg objek mobil adalah allrisk (termasuk bencana alam dan kebakaran)
    Semua aksesoris mobil interior dan eksterior tercover di dlm polis misalnya perlengkapan head unit double din (tv lcd) tanpa sound sistem semua terdokumentasi di dlm foto2 yg dipegang perusahaan asuransi.

    Telah terjadi kebakaran di dlm interior mobil. Dan setelah dilakukan investigasi oleh pihak bengkel ternyata yg disebabkan oleh arus pendek dari kabel-kabel instalasi head unit yg tidak terpasang secara benar.

    Yang kami tanyakan apakah pihak asuransi berhak menolak klaim yg diajukan tertanggung sementara pada waktu penutupan polis pihak asuransi tdk melakukan pemeriksaan?

    Atas jawabannya kami ucapkan terima kasih

    Faruqi

    • faruqi akbar said:

      Kondisi pertanggungan dg objek mobil adalah allrisk (termasuk bencana alam dan kebakaran)
      Semua aksesoris mobil interior dan eksterior tercover di dlm polis misalnya perlengkapan head unit double din (tv lcd) tanpa sound sistem semua terdokumentasi di dlm foto2 yg dipegang perusahaan asuransi.Telah terjadi kebakaran di dlm interior mobil. Dan setelah dilakukan investigasi oleh pihak bengkel ternyata penyebabnya adalah oleh arus pendek dari kabel-kabel instalasi head unit yg tidak terpasang secara benar.
      Yang kami tanyakan apakah pihak asuransi berhak menolak klaim yg diajukan tertanggung sementara pada waktu penutupan polis pihak asuransi tdk melakukan pemeriksaan apakah semua asesoriies yg terdapat di dlm mobil telah terpasang dg benar dan sesuai standar ?
      Atas jawabannya kami ucapkan terima kasih

      Faruqi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: