Memasyarakatkan Asuransi di Indonesia

Banyak orang berpikir bahwa mengurus asuransi itu repot, berbelit-belit, lama dan lain-lain. Semoga petunjuk ini dapat membantu dalam penguran klaim asuransi kendaraan bermotor :

  1. Memberitahukan paling lambat 3 x 24 jam setelah kejadian kepada Perusahaan Asuransi atau cabangnya terdekat.
  2. Pengecekan polis apakah polisnya masih berlaku atau premi telah dibayar
  3. Survey kerusakan oleh petugas asuransi.
  4. Mengecek resiko yang dijamin dalam polis dengan kejadian klaim apakah masuk dalam jaminan atau tidak.
  5. Mengisi formulir klaim yang disediakan Perusahaan Asuransi.
  6. Perusahaan Asuransi berwenang menunjuk bengkel untuk memperbaikinya, namun pada prakteknya tidak tertutup kemungkinan Tertanggung mengusulkan bengkel lain. Ada juga perusahaan asuransi mengambil cara tender dengan memilih biaya termurah.
  7. Tertanggung melengkapi dokumen klaim antara lain:
    – Formulir laporan kerugian yang telah diisi, ditandatangani.
    – Berita Acara dari Kepolisian/yang berwajib tentang kejadian kecelakaan.
    – Hal ini terutama untuk meneliti kedudukan atau posisi terhadap pihak ketiga.
  8. Pengajuan biaya perbaikan dari bengkel.
  9. Kuitansi biaya perbaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: