Memasyarakatkan Asuransi di Indonesia

Banyak pemilik rumah tinggal masih menyepelekan asuransi rumahnya. Asuransi rumah belum dipercaya sepenuhnya bisa memberikan keuntungan.

Padahal, risiko-risiko eksternal berupa bencana alam banjir, longsor, serta puting beliung belakangan ini terus mengintai bangunan rumah kita. Maka, jangan tunda hingga bencana datang karena rumah juga memerlukan proteksi layaknya yang Anda lakukan pada benda berharga lain, seperti mobil atau motor.

Proteksi. Di situlah peran asuransi. Bukan semata memberi perlindungan secara fisik tentunya, melainkan juga secara nonfisik atau finansial. Beberapa keuntungan menjadi nasabah asuransi itu antara lain:

  1. Anda sebagai nasabah akan memperoleh ganti rugi finansial jika obyek yang diasuransikan terkena langsung risiko yang tercantum dalam ikhtisar polis asuransi.
  2. Anda akan mendapatkan biaya yang terpaksa tertanggung dikeluarkan pascamusibah, semisal biaya pembersihan puing-puing bangunan yang rusak atau biaya arsitek atau surveyor untuk merenovasi atau membangun kembali rumah tertanggung pascamusibah.
  3. Anda akan memeroleh layanan purnajual yang prima tanpa harus menunggu terjadinya musibah seperti:
  • Informasi prakiraan nilai inflasi saat pemberitahuan perpanjangan polis asuransi agar bangunan dan segala isi bangunan rumah tinggal tertanggung diasuransikan dengan nilai cukup dan wajar
  • Pemeriksaan gratis kondisi bangunan dari serangan rayap atau hama rumah
  • Info-info terbaru dari pihak asuransi
  • Keanggotaan secara otomatis

http://kompas.co.id/read/xml/2009/04/01/16201738/apa.untungnya.asuransi.rumah..

%d bloggers like this: