Memasyarakatkan Asuransi di Indonesia

Profile Kami

Nama : Hery Eko Ardhianto
Domisili : Denpasar, Bali – Indonesia
Phone : 081 353 320 738, 0361-795 2559

Pengalaman Kerja :
Tahun 1994 s/d 2005 : Tecnical Administration (Akseptasi & Klaim) Surveyor
Tahun : 2005 s/d 2011 : Underwriting, Claim, Marketing, Agency Manager
Tahun 2011 s/d sekarang : Insurance Consultant / Agen Asuransi

Pertama, kesadaran masyarakat tentang pentingnya berasuransi mulai menunjukkan peningkatan. Mereka mulai menyadari pentingnya memproteksi diri dan keluarga terhadap berbagai kebutuhan keuangan di masa datang atau kejadian/hal tak terduga melalui pembelian berbagai produk asuransi.

Kedua, beragam kejadian tak terduga/kemalangan acap kali terjadi di tanah air. Bencana alam, musibah gempa, kecelakaan, dan munculnya wabah penyakit menjadi stimulans tersendiri bagi masyarakat untuk sesegera mungkin memproteksi diri dengan produk asuransi jiwa. Ini merupakan saat yang tepat bagi agen asuransi untuk mendedikasikan fungsinya sebagai konsultan bagi masyarakat guna mendapatkan produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ketiga, selain produk asuransi umum, terdapat asuransi jiwa (life insurance) yang di dalamnya mengandung unsur proteksi bagi para nasabah, kini industri asuransi jiwa juga menawarkan berbagai produk asuransi jiwa yang mengandung unsur investasi, misalnya unit-link. Inovasi produk ini mendapatkan sambutan cukup intens dari masyarakat. Secara filosofis, para agen tidak sekadar bertugas untuk menutup penjualan para pemegang polis. Lebih dari itu, mereka memposisikan diri sebagai risk management (manajemen resiko) , financial consultant (konsultan keuangan) jangka panjang bagi para nasabah.

Ketika polis asuransi yang dibeli nasabah sudah terbit, bukan berarti tugas agen selesai. Mulai saat itu, mereka memiliki tugas untuk mengkonsultasi dan membina hubungan yang baik dengan para nasabah. Para agen merasa puas bila nasabah terlayani dengan baik dan mereka mendapatkan proteksi sesuai dengan kebutuhan dan skema yang diperjanjikan. Momentum ini menjadikan kepercayaan masyarakat kepada agen asuransi mengalami peningkatan.

Agen asuransi yang baik tentunya akan selalu mengupdate dirinya dengan produk-produk terbaru, dan semakin intens para agen memperlengkapi diri dengan skill dan knowledge tentang pemasaran asuransi, teknik penjualan, dan kode etik pelayanan nasabah, peluang untuk mendapatkan nasabah pun semakin besar. Tentunya, para agen asuransi harus gigih dalam bekerja dan menjadi konsultan yang baik bagi para calon nasabah.

Agen asuransi akan bekerja untuk perusahaan asuransi tertentu. Walaupun demikian, apabila dia adalah agen yang baik tentunya akan berusaha memenuhi kebutuhan asuransi klien dengan jaringan yang dimilikinya, agen bisa merundingkan polis dengan berbagai penyedia asuransi agar bisa memberikan manfaat maksimal kepada kliennya. Bila seorang agen bisa dipercaya penuh dan punya kredibilitas tinggi, ia adalah sumber bantuan yang besar terhadap kliennya.

Karena polis asuransi rumit, agen yang tidak baik akan menutup-nutupi kekurangan dari polis tersebut. Misalnya, memberikan premi premi murah, ternyata lingkup jaminan yang diberikan di polis tidak sesuai dengan kebutuhan klient, atau malah diberikan lingkup jaminan yang tidak/belum diperlukan oleh klient.

Pilih agen yang bisa dipercaya dan senang menjelaskan polis kepada klien. Hindari kejutan yang tidak menyenangkan sewaktu klaim. Agen yang baik pun mau membantu proses klaim anda kepada perusahaan asuransi.

Informasi produk asuransi, konsultasi dapat menghubungi kami :

Hery Eko Ardhianto
Insurance Consultant
PT.Asuransi Bintang Tbk
Jl.Hayam Wuruk No.125 D Denpasar 80235
Mobile : 081 353 320 738, 0361-795 2559
Office: 0361-244200, 237955 Fax : 0361-226932
Email: hery.asuransibintang@gmail.com
Website: www.asuransibintang.com
Personal blog : mediaasuransi.wordpress.com

%d bloggers like this: